Kamis, 25 Juli 2024

Pengamat Politik Nilai: Koalisi Indonesia Maju Bisa Terpecah Belah jika Paksakan Ridwan Kamil Maju di Pilgub Jabar

Selasa, 9 Juli 2024 11:0

ILUSTRASI - Ketum Parpol Koalisi Maju bersama Presiden Terpilih Prabowo Subianto./ (Ist)

POLITIKAL.ID - Partai Politik sibuk mengusung kandidat terbaiknya di Pemilihan Kepala Daerah 2024, salah satunya pemilihan Gubernur Jawa Barat 2024. 

Sejumlah tokoh center mulai bermunculan di bursa cagub dan cawagub, slah satunya gubernur petahana Ridwan Kamil. Kemudian terdapat nama pendatang baru, yaitu Ilham Habibie yang diusung Partai NasDem.

Selain itu, ada nama mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mantan Wali Kota Bogor Bima Arya, hingga mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi, dan Bima Arya jadi sosok yang berpotensi diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM). Koalisi ini merupakan partai politik pengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Mereka menarasikan bakal melanjutkan kerja sama politik di Pilkada 2024.

Namun, sampai saat ini belum jelas siapa sosok yang akan diusung KIM. Golkar, salah satu anggota KIM, memberikan surat penugasan untuk Ridwan Kamil di Jawa Barat atau DKI Jakarta. Sementara itu, Gerindra memberikan dukungan untuk Dedi Mulyadi.

Dari sisi elektabilitas, hasil survei Indikator Politik Indonesia menyatakan Ridwan Kamil sebagai calon terkuat di Pilgub Jabar 2024. 

Namanya merajai semua simulasi yang digelar.

Dalam simulasi terbuka (top of mind), elektabilitas Ridwan Kamil mencapai 16 persen. Hanya mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang menempel ketat Ridwan. Elektabilitas calon lainnya tak sampai 1 persen.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menilai Ridwan Kamil memiliki peluang besar untuk menang jika maju di Pilgub Jawa Barat. 

Sebab, RK memiliki modal sebagai petahana dan memiliki infrastruktur politik mumpuni di Jawa Barat.

Meski begitu, Agung mengatakan nasib RK di Pilkada Jawa Barat belum jelas sampai saat ini. 

Halaman 
Tag berita: