Rabu, 21 Februari 2024

Tunjukkan Gambar Nabi Muhammad kepada Mahasiswa, Universitas Hamline Berhentikan Kontrak Profesor Erika Lopez

Sabtu, 21 Januari 2023 21:0

POTRET - Salah satu Lukisan gambar Nabi Muhammad SAW yang ditunjukkan oleh profesor Erika Lopez Prater. / Foto: Politikal.co

POLITIKAL.ID -  Seorang profesor di Amerika Serikat (AS)yang menunjukkan lukisan yang menggambarkan Nabi Muhammad selama pelajaran seni Islam, menggugat sebuah universitas di Minnesota. 

Akan hal tersebut, Universitas Hamline, sebuah kampus swasta kecil di kota St. Paul, memilih untuk tidak memperpanjang kontrak Ajun Profesor Erika Lopez Prater.

Hal ini terjadi seorang mahasiswi bernama Aram Wedatalla keberatan dengan ia menunjukkan lukisan abad ke-14 yang menggambarkan Nabi Muhammad dalam kursus seni global Lopez Prater.

"Sungguh menghancurkan hati saya bahwa saya harus berdiri di sini untuk memberi tahu orang-orang bahwa ada Islamofobia dan sesuatu yang benar-benar menyakiti kita semua, bukan hanya saya," kata siswa yang merupakan presiden Asosiasi Mahasiswa Muslim Hamline itu dikutip Al Jazeera, Kamis, (19/1/2023).

Bagi umat Islam, penggambaran visual Nabi Muhammad dilarang keras dan dipandang sebagai pelanggaran iman.

Di sisi lain, atas hal ini, Prater telah mengajukan gugatan pada Universitas Hamline pada Selasa.

Gugatan itu menuduh universitas menjadikan Lopez Prater sebagai bagian diskriminasi agama dan pencemaran nama baik yang kemudian merusak reputasi profesional dan pribadinya.

Pengacara Lopez Prater mengaku bahwa Prater telah memberikan peringatan sebelum menunjukkan gambar itu.

Halaman 
Tag berita:
Berita terkait