Jumat, 26 Juli 2024

Kaesang Pangarep Dinilai Berpeluang Besar Patahkan Dominasi PKS di Pemilu 2024 Depok

Sabtu, 3 Juni 2023 18:35

POTRET - Kaesang Pangarep dinilai punya peluang besar untuk mematahkan dominasi PKS di Depok, jika maju di Pilkada 2024.. / Foto: Ist

POLITIKAL.ID -  Isu Canter soal Anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep punya peluang besar maju pilkada di Pemilu 2024. 

Ia dinilai punya peluang besar untuk mematahkan dominasi PKS di Depok, jika maju di Pilkada 2024.

Guru Besar Psikologi Politik Universitas Indonesia (UI) Prof Hamdi Muluk mengatakan, Kaesang Pangarep mempunyai modal politik yang besar jika ingin maju jadi Wali Kota Depok.

"Kaesang modal politiknya besar, kita harus realistis, dalam teori politik ada politik realis. Bahwa dia punya modal politik yang besar karena tentu pak Jokowi punya pengaruh yang besar juga ke partai-partai. Kita sudah tahu lah, jadi sebenarnya pembentukan koalisi saya nggak terlalu khawatir," jelas Hamdi Muluk, dilansir dari Republika.co.id.

Menurutnya, mengkonsolidasikan partai-partai, terutama yang masuk dalam Koalisi Indonesia Bersatu saat ini bukan sesuatu yang sulit.

Pengaruh Presiden Jokowi cukup untuk mendorong PDIP untuk mengusung Kaesang.

"Secara akar pak Jokowi juga dari PDIP, jadi bisa dorong PDIP juga. Pak Jokowi punya banyak pengaruh juga di Koalisi Indonesia Bersatu, mengkonsolidasikan untuk mendukung Kaesang klono pemahaman saya nggak terlalu sulit," katanya.

Modal politik Kaesang untuk maju sebagai Wali Kota Depok juga disebutnya akan menjadi lebih besar jika partai-partai yang ingin mengusungnya mendapat banyak kursi di DPRD Depok pada Pileg 2024 nanti.

Halaman 
Tag berita: