Senin, 24 Juni 2024

ASEAN 2023

Kemenlu RI Ungkap Timor Leste Bergabung sebagai Anggota ASEAN

Senin, 8 Mei 2023 13:12

KONFRESENSI - Presiden Joko Widodo kembali meninjau sejumlah persiapan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo / Foto: Istimewa

POLITIKAL.ID - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di sela peninjauan persiapan sejumlah lokasi KTT, Minggu (7/5/2023 mengatakan panitia  mulai menerima kedatangan delegasi rangkaian kegiatan KTT. Sebagian dari peserta akan diterima Presiden dalam pertemuan bilateral pada Selasa (9/5).

"Sejauh ini yang sudah ada di program kita adalah pertemuan dengan Vietnam, Laos, Timor Leste, dan Malaysia," kata Retno.

Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak dijadwalkan hadir pula dalam KTT ASEAN. Kehadiran tersebut istimewa karena baru pertama kalinya.

Kehadiran itu juga menegaskan komitmen Indonesia dalam mendorong Timor-Leste bergabung sebagai anggota ASEAN.

“Indonesia konsisten mendukung Timor Leste menjadi anggota ke-11 ASEAN,” kata juru bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah.

Pembahasan keanggotaan Timor Leste berlangsung di ASEAN Coordinating Council Working Group on Timor-Leste (ACC-WGTL). Dili harus memenuhi beberapa kriteria untuk menjadi anggota penuh ASEAN.

Timor Leste antara lain harus menyesuaikan aneka aturan nasionalnya dengan beragam kesepakatan dan dokumen ASEAN. Dili juga perlu membentuk perwakilan diplomatik di seluruh anggota ASEAN.

Selain para kepala negara atau kepala pemerintahan, delegasi berbagai anggota ASEAN juga terdiri antara lain dari para anggota parlemen. Mereka akan menghadiri pertemuan Dewan Antarparlemen ASEAN (AIPA).

Halaman 
Tag berita: