Senin, 24 Juni 2024

Awali Rangkaian Konferensi Tinggi ke-42 ASEAN, Duta Besar Berkumpul di kawasan Golo Mori, Manggarai Barat

Senin, 8 Mei 2023 12:57

POTRET - Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Sidharto Suryodipuro (kiri) berswafoto dengan para Direktur Jenderal negara-negara ASEAN sebelum Pertemuan Para Direktur Jenderal (SOM) ASEAN dalam rangkain KTT ke-42 ASEAN di Golo Mori, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (8/5/20

POLITIKAL.ID - Pada Senin (8/5/2023) untuk mengawali rangkaian konferensi tinggi ke-42 ASEAN, para wakil tetap atau duta besar negara anggota untuk ASEAN itu bertemu di kawasan Golo Mori, Manggarai Barat

Pertemuan para wakil tetap negara anggota untuk ASEAN mengawali rangkaian konferensi tingkat tinggi ke-42 ASEAN. Mereka merampungkan pembahasan aneka dokumen yang akan disahkan para pemimpin ASEAN.

Komite Wakil Tetap (CPR) menjadi forum awal untuk pembahasan aneka dokumen dalam KTT ke-42 ASEAN.

“Di ASEAN itu, negoisasi dilakukan oleh para wakil tetap dulu yang kita sebut CPR. Kemudian naik pada tingkat senior official meeting, SOM. Kalau selesai di SOM bagus. Kalau tidak selesai di SOM, ditingkatkan lagi ke pertemuan menteri luar negeri negosiasinya. Sampai kemudian kita bawa ke tingkat leaders,” kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di sela peninjauan persiapan sejumlah lokasi KTT, Minggu (7/5/2023).

Forum CPR dan SOM dipimpin Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Sidharto Suryodipuro. Kepada para koleganya dan para wakil tetap anggota ASEAN, ia antara lain mengenalkan Golo Mori sebagai lokasi pertemuan.

Ia juga memperkenalkan aneka kopi khas Pulau Flores kepada para peserta pertemuan.

Halaman 
Tag berita: