Rabu, 29 Mei 2024

Sepekan di Belanda, dalam Waktu Dekat DPRD Kaltim dan Gubernur akan Gelar Rapat Bersama WTO

Rabu, 26 Juli 2023 11:5

KUNKER - Pimpinan dan Anggota DPRD Kaltim melakukan kunjungan kerja ke Belanda di Bulan juli 2023 ini. / Foto: Istimewa

POLITIKAL.ID - Pimpinan dan Anggota DPRD Kaltim melakukan kunjungan kerja ke Belanda di Bulan juli ini. Kunjungan ini menghasilkan sejumlah pelajaran penting, diantaranya perbaikan publik service rumah tahanan, serta diskusi masa depan petani sawit di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji yang turut serta  dalam kunjungan kerja ke negeri kincir angin, Selasa (25/7/2023).

"Pimpinan dan anggota DPRD Kaltim selama di Den Haag mendapatkan pelajaran yang sangat penting untuk perbaikan public service dibidang rumah tahanan, karena belanda adalah negara yang terbaik dalam penanganan narapidana. Saat ini banyak penjara di belanda yang hanya terisi dibawah 90 persen dari kapasitas," ujar Seno Aji kepada awak media. 

Seno Aji mengatakan, hasil diskusi dengan Kepala Kanwil Kemenkumham Kaltim sebelum bertolak ke Belanda, kapasitas Lapas maupun Rutan di Kaltim telah overload.

"Dimana hasil diskusi saya dengan Kanwil Kemenkumham Kaltim, diketahui jika kapasitas Lapas maupun rutan di kaltim melebihi 300 persen dari total kapasitas yang telah ditetapkan itu artinya sudah overload," ucapnya. 

Seno Aji juga berdiskusi dengan Kementrian Hukum Belanda bersama Direktur penjara setempat di Anchen. Guna mencari solusi terkait overloadnya Lapas maupun Rutan di Kaltim. 

"Kami mengunjungi kantor Kementerian Hukum Belanda dan diterima hangat oleh Kementrian Hukum Belanda bersama Direktur penjara di Anchen. Kenapa kami berdiskusi dengan Kementerian Hukum Belanda karena saya melihat walaupun di Belanda hanya ada 27 penjara, namun kapasitasnya hanya 90 persen, dan memiliki fasilitas yang manusiawi," tutur Seno Aji

Halaman 
Tag berita: